Manajemen · Peraturan

Pendaftaran PIRT (2)

Halo guys, post kali ini berkaitan pada post sebelumnya yaitu pendaftaran PIRT. Nah, post sebelumnya uda aku sharing tentang mengikuti penyuluhan keamanan pangan di Dinas Kesehatan Jakarta Barat dan berkas-berkas apa saja yang harus dipenuhi untuk  SP-PIRT di PTSP Jakarta Barat.

Well, produk yang mau aku ajuin yaitu D’Tempeh yang dibahas pada post sebelumnya. Salah satu syarat yang sangat penting dalam SP-PIRT yaitu uji laboratorium. Untuk jenis pengujian apa saja yang harus dilakukan, bergantung pada jenis makanan yang akan diuji. Pengujian yang dilakukan pada D’Tempeh yaitu kadar pengawet, mikroba dan anga lempeng total. Pengujian ini dilakukan di Labkesda Jakarta dan biasanya membutuhkan 14 hari kerja / lebih untuk memperoleh hasil laboratoriumnya. Btw, aku lupa kasih tau penyuluhan keamanan pangan yang aku ikutin pada waktu sebelumnya, sudah keluar sertifikat PKP pada awal Mei. Hmm, untuk memperoleh sertifikatnya diperlukan waktu kurang lebih 2 minggu terhitung dari waktu penyuluhan keamanan pangan.

Nah, selanjutnya aku dan teman-teman aku menggumpulkan berkas-berkas yang diperlukan seperti surat izin RT/RW dan tetangga, SPPL, data produksi, label kemasan, data merek bahan baku dan lain-lain. Sebelum lebaran, aku bersama teman-teman ke PTSP Jakarta Barat puntuk mengumpulkan berkas-berkas sebagai surat permohonan PIRT untuk produk D’Tempeh. Setelah pengumpulan berkas, kami mendapatkan surat tanda terima permohonan izin. Dari tanda terima tersebut terdapat token yang dapat dimasukkan ke dalam http://ptsp.jakarta.go.id/lacakberkas. Token tersebut berguna untuk mengetahui perkembangan SP-PIRT kami. Berdasarkan tanda terima, diperkirakan kami akan diinspeksi pada tanggal 20 Juli 2017.

Gambar 1. Tanda terima permohonan izin

invoice .jpg

 

Leave a Reply

